Jumat, 24 Agustus 2012

RUBY






RUBY

SIFAT FISIK & SIFAT OPTIK CORUNDUM:
Unsur kimiawi : Alumunium Oxida (AL2O)
Susunan bentuk kristal : Trigonal
Tingkat kekerasan : 9
Berat Jenis : 3,95 - 4,05
Indeks Bias : 1,762 - 1,770

Keindahan permata ruby adalah warnanya. Ruby termasuk varietas dari keluarga besar mineral corundum yang terdiri atas unsur Alumunium Oxida (AL2O3). Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi. Chromium memberikan warna merah pada batu mulia ruby dan juga fluoresence merah juga menambah kuatnya warna merah tersebut.

Batu mulia ruby memiliki struktur dan inklusi-inklusi mineral yang sering kali memberikan efek khusus (phenomena) seperti star (asterism), membentuk 6 garis saling bersilangan. Daerah Mogok di Myanmar (Burma) banyak menghasilkan ruby berkualitas tinggi selama berabad-abad, yang oleh para pedagang batu mulia disebut sebagai "pigeon blood". Selain itu ruby juga banyak ditemukan di Srilanka, Australia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Madagaskar, Kenya, Tanzania, serta Zimbabwe.



Pengantar
Ruby korundum merah, semua varietas warna lain dari korundum yang disebut sebagai safir. Korundum adalah substansi kedua yang paling sulit pada skala Mohs, dengan peringkat 9. Diamond tops skala dengan peringkat 10. kekerasan Excellent dikombinasikan dengan warna yang kaya dan bersinar halus membuat batu rubi halus begitu berharga dan mengamankan mereka posisi sebagai salah satu yang disebut "mulia" batu permata.

Ruby ini dinamai "karet" kata Latin untuk merah. Rubi rentang warna dari merah muda sampai jingga dan ungu dan merah kecoklatan, tergantung pada kadar krom dan besi dari batu. Warna paling diinginkan adalah "darah merpati itu" yang disebut, merah murni dengan sedikit biru, hanya ditemukan di tambang Myanmar (Burma), deposito Ruby yang paling penting diketahui.

Ruby adalah salah satu permata yang paling mahal, rubi besar yang sedang jarang daripada berlian sebanding. Banyak rubi merupakan bagian penting dari lambang kerajaan dan perhiasan terkenal lainnya.

Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Ruby juga dipakai untuk merayakan ulang tahun pasangan 15 dan 40.


Warna ruby
Rubi rentang warna dari merah muda sampai jingga dan ungu dan merah kecoklatan, tergantung pada kadar krom dan besi dari batu. Warna paling diinginkan adalah "darah merpati itu" yang disebut, merah murni dengan sedikit biru. Distribusi warna seringkali tidak merata, strip atau bercak.

Membeli Ruby
Warna merupakan pertimbangan paling penting, dengan kejelasan jauh kedua. rubi besar jarang terjadi.

Warna
Warna paling diinginkan adalah "darah merpati itu" yang disebut, merah murni dengan sedikit biru. Warna saturasi membuat perbedaan.

Penerangan
Ruby menunjukkan pleochroism yang berarti bahwa warna bervariasi dengan arah melihat. Menampilkan batu mata kucing atau efek bintang efek yang terbaik dilihat di siang hari.

rubi Banyak yang akan berpendar di UV gelombang panjang atau pendek dan properti ini sering dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi asal geografis batu.Burma rubi sering fluoresce begitu kuat bahwa dampak tersebut terlihat bahkan di sinar matahari; batu tersebut tampaknya benar bersinar. rubi Thailand umumnya kurang properti ini.

Kejelasan
Inklusi yang umum di ruby dan tidak selalu merupakan indikasi kualitas yang lebih rendah. jarum rutil Termasuk menyebabkan "bersinar halus". Jika seperti batu dipotong en cabochon karena menghadapkan efek mata kucing langka itu. Berorientasi inklusi kristal Rutile menyebabkan efek cahaya enam-rayed-bintang (asterism disebut) untuk membentuk ruby bintang.

Memotong
rubi Transparan dipotong pada langkah dan memotong brilian. rubi Kurang transparan dipotong en cabochon.

Ruby lokasi dan deposito
Myanmar: Selama berabad-abad deposito yang paling penting adalah di atas Myanmar (Burma) di dekat Mogok. Hanya satu persen dari produksi merupakan kualitas permata. Beberapa batu rubi adalah warna darah merpati dan dianggap sebagai batu rubi paling berharga dari semua. Dalam deposito besar awal 1990-an baru ditemukan di Hsu Mong.

Thailand: rubi ditemukan di Thailand (Chanthaburi kabupaten) sering memiliki warna coklat atau ungu. Produksi ruby Thailand menurun, dan Chanthaburi sekarang terutama pusat permata pengolahan dan perdagangan.

Sri Lanka: Deposito terletak di barat daya pulau di distrik Ratnapura. Rubi dari deposito biasanya lampu merah untuk frambos merah.

Tanzania: Di Sungai Umba atas di barat laut Tanzania adalah deposito untuk kualitas batu permata rubi yang ungu ke coklat-merah. Sebuah batu rubi buram sedikit yang ditambang juga.

deposito lain penting beberapa yang ditemukan di: Afghanistan, Kamboja, Kenya, Madagaskar dan Vietnam. deposito Kurang signifikan di: Australia, Brazil, India, Malawi, Nepal, Pakistan, Amerika Serikat dan Zimbabwe.

Common Ruby perawatan
Perawatan yang paling umum untuk ruby adalah perlakuan panas. Stones, umumnya sebelum mereka dipotong, dipanaskan menjadi antara 1700-1800 derajat Celcius (3100-3300 derajat F) selama beberapa jam. Pemanasan sering meningkatkan baik warna dan kejelasan. Sebuah dealer terkemuka selalu akan mengungkapkan perawatan permata.

rubi grade rendah dengan permukaan celah-mencapai sering patah-dipenuhi dengan kaca timah. Perawatan ini memproduksi batu cari yang baik yang dapat dijual dengan harga yang sangat wajar.

Terkenal di dunia Ruby
Terkenal batu keindahan yang luar biasa dan warna adalah "Edwardes Ruby", berat 167 ct, ditampilkan di British Museum Sejarah Alam di London, "Rosser Reeves Star Ruby", dari 138,7 ct, harus dilihat di Smithsonian Institution di Washington, dengan "De Long Star Ruby", berat 100 ct, ditampilkan dalam Sejarah Amerika Museum of Natural di New York dan "Perdamaian Ruby", 43 ct, yang ditemukan pada tahun 1919.

Banyak rubi merupakan bagian penting dari lambang kerajaan dan perhiasan terkenal lainnya. Si Bohemia St Wenzel's Crown memegang ruby unfaceted sekitar 250 ct.

Beberapa rubi besar terkenal, seperti "Ruby Black Prince" dan "Timur Ruby" di Permata Mahkota Kerajaan Inggris sebenarnya spinels, karena sampai awal abad ke-19 spinels dianggap menjadi batu rubi.

Rubi adalah salah satu permata favorit orang kaya dan terkenal. Elizabeth Taylor memiliki kalung ruby yang spektakuler dan set anting-anting. Selama lelang harta Jacqueline Kennedy Onassis oleh Sotheby's pada tanggal 24 April, 1996 sebuah ruby 17,68 karat cincin terjual seharga $ 290.000, beberapa anting-anting ruby cabochon terjual seharga $ 360.000, dan kalung rubi cabochon adalah murah di $ 247.500. Marlene Dietrich memiliki sebuah gelang ruby yang dijual di Sotheby's untuk $ 990.000.

Rubi juga tempat yang terkenal dalam ilmu - laser pertama dibuat dari kristal ruby buatan.

Ruby gemologi
Spesies: korundum
Warna: Memvariasikan merah
Komposisi Kimia: aluminium oksida Al2O3
Sistem kristal: (trigonal) prisma heksagonal atau tabel, rhombohedrons
Kekerasan: 9 (skala Mohs)
Spesifik gravitasi: 3,97-4,05
Indeks bias: 1,762 -1,778
Birefringence: -0,008
Warna streak: Putih,
Penyerapan spektrum: 694, 693, 668, 659, 610-500, 476, 475, 468
Fluoresensi: merah tua merah Kuat

Ruby zodiak, mitos & legenda
Untuk waktu yang lama India dianggap sebagai sumber klasik batu rubi. Dalam bahasa Sansekerta ruby disebut "ratnaraj", yang diterjemahkan sebagai "Raja Gemstones".

Pada zaman kuno salah satu daya tarik utama dari ruby telah perlindungan dari kemalangan dan kesehatan yang buruk.

Ruby adalah birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Pada grafik Zodiac, ruby adalah batu untuk Capricorn.

Ruby juga dipakai untuk merayakan ulang tahun pasangan 15 dan 40.

Dalam Antiquity, serta di Abad Pertengahan orang-orang percaya bahwa alam semesta tercermin dalam batu permata. ruby ini ditugaskan kepada planet Mars dan Pluto. Gerakan esoteris menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan industri permata membuat alat lain pemasaran untuk mempromosikan permata tertentu.

kekuatan penyembuhan permata tetap menjadi masalah kontroversial, tapi disebutkan selama berabad-abad oleh penyembuh, dukun dan laki-laki obat. Entah itu fakta atau efek plasebo tidak masalah, jika itu membantu. Pendekatan paling aman adalah dengan memakai batu permata dalam kontak kulit ke bagian bermasalah dari tubuh.Ruby dikatakan sebagai perlindungan kesehatan umum dan bantuan untuk masalah sakit punggung dan kuku.






RUBY


Beberapa folklore dan Karakteristik

Kata Ruby modern berasal dari istilah Latin kuno "Rubeus". Catatan awal untuk pertambangan batu delima kembali ke lebih dari 2.500 tahun yang lalu di Sri Lanka.Secara historis, banyak yang percaya bahwa kekuatan mistik berada dalam batu permata ini sangat berwarna merah. Ketika dimasukkan di bawah kulit, Burma kuno percaya bahwa batu itu menghasilkan kekuatan mistik, yang melindungi pemakai dari kecelakaan dan serangan. Dalam dunia kuno, rubi banyak diyakini mengandung kekuatan kenabian, memungkinkan pemakai untuk memprediksi masa depan mereka berdasarkan perubahan warna batu permata mereka.

Hari ini, Burma adalah penyedia terbesar di dunia rubies berkualitas tinggi. Banyak yang menganggap batu rubi Burma dari Lembah Mogok untuk menjadi yang terbaik di dunia. Vietnam, Kenya, Tanzania dan Sri Lanka adalah beberapa penyedia lain dari batu permata benar-benar mempesona. Thailand, dengan deposito besar di dekat perbatasan Kamboja, yang sebelumnya penyedia terbesar di dunia rubi, namun karena peraturan lingkungan, pertambangan batu permata telah sangat berkurang. Rubi dan Sapphires berkaitan erat, memiliki korundum sebagai mineral dasar mereka.Perbedaan warna terjadi karena mineral yang terkandung dalam batu permata yang berbeda masing-masing. Thailand rubi cenderung memiliki warna yang lebih gelap dan intensitas kurang dari Burma rubi, yang dikenal untuk kualitas tinggi dan kisaran harga tinggi, namun, rubi yang sangat halus dapat ditemukan di Thailand pada harga yang sangat terjangkau. Rubi Afrika cenderung memiliki inklusi berat, tetapi batu yang indah dengan kejelasan halus dapat ditemukan, biasanya pada kisaran harga yang lebih tinggi.

Rubi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, memberikan berbagai macam untuk pecinta batu permata. Dengan kekerasan di bawah bahwa Diamonds, rubi adalah salah satu batu permata paling sulit, dan dengan pembelahan tidak, kerusakan jarang terjadi. Hal ini membuat Ruby sempurna untuk semua jenis perhiasan termasuk cincin Ruby, Ruby kalung dan anting-anting Ruby. Bentuk lain populer perhiasan ruby adalah dengan jarang tersebut atau belum sama megah "Star rubi".

inklusi mikroskopis, kadang-kadang disebut "sutra", adalah karakteristik normal dari batu rubi. Namun, pemanasan cenderung untuk membubarkan inklusi ini. Keberadaan inklusi memberikan jejak untuk asal batu rubi 'dan dapat digunakan untuk memisahkan alam dari batu sintetik. The inklusi dalam batu permata ini mungkin juga menjadi bukti bahwa Ruby belum panas-diobati. Inklusi tidak mempengaruhi nilai batu selama kecemerlangan batu permata dipertahankan dan mereka tidak terlihat dengan mata telanjang. Intensitas dan keseragaman warna merah merupakan faktor digunakan untuk menentukan harga batu rubi. Sangat dihargai rubi adalah mereka dengan warna merah dan berseragam intens menengah. Rubi pink Intense dapat sangat dinilai juga, jika mereka jelas dan indah dipotong.

Evaluasi batu rubi harus dilakukan di bawah pengaturan cahaya yang berbeda. Bila dilihat di bawah cahaya yang sangat kuat, rubi mungkin menunjukkan warna yang sangat intens, namun ketika dilihat dalam pencahayaan normal, batu permata mungkin akan terlihat kurang intens. Cahaya Oleh karena itu faktor yang sangat penting dalam menentukan warna sebenarnya dari batu rubi. Untuk membantu menilai simetri mereka, rubi harus dinilai dari wajah mereka posisinya dan keindahan secara keseluruhan mereka harus selalu dipertimbangkan.








PERAWATAN RUBY




permata Ruby adalah salah satu batu permata jual terpanas merah. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa isu kontroversial telah diajukan terkait dengan jenis perawatan yang digunakan untuk rubi. Sementara ini batu permata yang ditambang dari bumi, produsen permata telah merancang metode untuk meningkatkan keindahan permata itu.

perawatan Gemstone bukanlah hal yang baru dan telah ada selama beberapa dekade.perawatan permata Beberapa seperti pemanas untuk rubi, safir, dan meminyaki untuk jamrud, diterima secara luas oleh para ahli permata. Kriteria dasar untuk menerima perawatan batu permata didasarkan pada beberapa kondisi. Firsly, bahwa perlakuan tidak mengubah sifat fisik gem. Hal ini juga diharapkan bahwa pengobatan tersebut akan permanen. Jadi, jika Anda diperlakukan ruby panas dan ini meningkatkan kejelasan permata dan membantu saturasi warna, pengobatan dapat diterima.

Seorang pembeli permata ruby harus menyadari berbagai perawatan saat ini sedang digunakan untuk gem. Sayangnya produsen dan penjual permata jarang memberikan informasi yang lengkap dan penjelasan. Anda akan melihat bahwa setiap perlakuan ruby kontroversial dijemput oleh laboratorium permata profesional di mana permata itu dikirim untuk pengujian. Gem produsen menyadari bahwa beberapa perlakuan yang digunakan oleh mereka untuk rubi harus jelas ditetapkan tetapi, mereka memilih untuk tidak melakukannya. Marilah kita tahu berbicara tentang perlakuan ruby utama yang sedang digunakan. Setiap upaya telah dilakukan untuk menjaga bahasa sederhana, laporan ini ditujukan untuk pembeli yang tidak diharapkan untuk menjadi ahli permata.

Konvensional Heat Treatment: Heat rubi diperlakukan telah ada selama beberapa dekade, ahli permata juga menerima perawatan ini. Sebuah batu permata ruby yang diberi perlakuan panas menunjukkan warna yang lebih baik dan kejelasan, perlakuan tidak mengurangi kekerasan atau keawetan ruby tersebut. Warna stabil dan batu permata tidak akan luntur atau berubah warna dari waktu ke waktu. Yang penting adalah bahwa, perlakuan panas konvensional batu rubi tidak melibatkan penambahan bahan kimia untuk oven selama proses pemanasan. Rubi Sangat sedikit yang mencapai pasar perhiasan dan batu permata tidak panas diobati. Kita bisa mendapatkan batu rubi yang baru saja ditambang dan tidak diobati dengan cara apapun tetapi, kejelasan dan warna pada batu rubi ini akan sangat membosankan.

Pemanasan Dengan Fluks: Bentuk ruby mengobati diperkenalkan di 5 sampai 7 tahun terakhir. produsen permata Ruby memperkenalkan pengobatan dengan kerahasiaan banyak dan para ahli batu permata, menghabiskan banyak malam tanpa tidur sebelum retak proses yang diterapkan untuk pengobatan batu permata ruby. Perlakuan panas konvensional untuk batu rubi membantu menguap setiap saat gas di permata, ia juga membantu untuk menghancurkan beberapa inklusi. Para celah dan retak hadir dalam batu permata tetap utuh bahkan setelah perlakuan panas konvensional diterapkan pada rubi. Panas fluks pengobatan batu rubi melangkah lebih jauh dan mencoba untuk 'menyembuhkan' para celah dan patah tulang hadir dalam ruby ini. Borax berbasis bahan kimia digunakan untuk berfungsi sebagai fluks. Penambahan bahan kimia ini ke dalam oven membantu mengurangi titik leleh ruby tersebut. The ruby cair kemudian merembes ke celah-celah dan rekahan dalam batu permata. Retak menjadi tidak terlihat dengan mata telanjang sebagai batu mendingin dan mengeras. Hal ini tidak mudah untuk mendeteksi proses pengobatan ruby dengan mata telanjang. Gemological ahli menggunakan mikroskop yang kuat untuk membantu mereka mendeteksi, yang padat 'aliran' dari ruby yang masuk ke celah-celah batu. Residu fluks kadang-kadang dapat muncul di dalam atau dekat fraktur sembuh juga. Sedangkan fluks batu rubi dipanaskan tidak terlalu murah, mereka memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan batu rubi yang telah melalui proses perlakuan panas konvensional.

Mengisi fissure atau Glass Mengisi: Perlakuan ini kelas itu sendiri, rubi dirawat dalam proses ini terlihat luar biasa untuk mata yang tak terlatih namun pada kenyataannya patut hampir tidak ada. Beberapa diskusi dan perdebatan telah dilakukan untuk memutuskan tentang bagaimana untuk merujuk ke gelas tersebut diisi atau fissure rubi diisi. Rubi di kelas terendah sampai saat ini ditolak dan dibuang. Kondisi batu rubi ini begitu sangat buruk itu, baik konvensional maupun pemanasan pemanasan fluks dapat meningkatkan penampilan mereka. produsen Gem mengambil batu rubi ini sampah dan mencucinya dalam larutan asam kuat berbasis. Ini menghancurkan permata dan membuatnya cukup berpori. The rubi asam pasca mencuci juga sangat rapuh dan mudah dapat pecah jika menekan permukaan keras. Rubi ini kemudian dikemas dalam wadah bersama dengan garam berbasis silika, ini pada dasarnya kaca kaca pembentukan. Bila terkena suhu tinggi untuk jangka waktu lama, silika ditransformasikan ke dalam gelas dan merembes melalui batu rubi asam dicuci, bahan berpori membuatnya mudah untuk melakukannya. Setelah didinginkan, dari batu rubi sebenarnya dipenuhi dengan kaca sehingga disebut sebagai rubi gelas diisi.Transparansi dan warna fisura ini (gelas) yang diisi batu rubi sangat ditingkatkan. Yang penting adalah bahwa kekerasan dan daya tahan ruby juga drastis berkurang. Istilah teknis yang tepat untuk rubi gelas tersebut diisi adalah 'ruby komposit', karena merupakan kombinasi dari kaca dan ruby. Hal ini tidak terlalu sulit untuk membedakan rubi tersebut dari batu rubi konvensional atau rubi fluks dipanaskan. batu seperti itu telah mengejutkan luster rendah untuk transparansi yang tinggi dan warna yang kaya.Nilai dan harga batu rubi tersebut juga sangat rendah dibandingkan dengan batu rubi yang diletakkan melalui bentuk-bentuk lain dari perawatan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar